Selasa, 27 September 2011

Cara Pembuatan MOL dan Pupuk Kompos

Pupuk kompos saat ini banyak dicari dan digunakan oleh petani baik untuk budidaya tanaman sayuran maupun untuk tanama padi, tetapi seringkali petani menganggap bahwa pupuk kompos hanya berasal dari kotoran hewan. Padahal bahan yang dapat digunakan sangat banyak dan tersedia dilingkungan sekitar seperti, daun-daunan, jerami dan sampah rumah tangga kecuali plastik.  

Cara membuatnya juga dilakukan secara sederhana seperti dibawah ini :
 
Membuat Stater / Bio

Bahan-bahan : 
  1. Nasi (tidak basi) jumlahnya disesuaikan dengan kebutuhan
  2. Jamur (berwarna putih tipis menempel di kulit kayu/batang kelapa/ bambu / ranting bambu dall) jumlah disesuaikan dengan kebutuhan. 
  3. Besek (terbuat dari bambu) jumlah disesuaikan dengan kebutuhan 
  4. Air jumlahnya disesuaikan kebutuhan 
  5. Gula merah 2 biji untuk pembuatan 1 toples 
  6. Sak / karung goni secukupnya.
Cara membuat : 
Nasi dimasukan kedalam besek, lalau jamur ditaruh diatasnya, kemudian ditutup memakai sak/karung goni yang sudah dibasahi dengan air untuk menjaga kelembabapan, pertama keli buat waktunya 3 hari 3 malam. Bila besek dan jemur jika mau digunakan untuk membuat lagi, terlebih dahulu besek dicuci dan jamur dibasahi. Waktunya cukup 2 hari 2 malam. Bila dilihat diatas nasi kelihatan jamur putih seperti jamur yang ada di tempe. Sak/tutup diangkat, kemudian jamur diambil. Selanjutnya nasi dimasukkan ke dalam toples ukuran 2 liter di tambah gulan merah 2 bija yang sudah dipotong-potong. Air diamsukkan samap rata dengan nasi. Untuk nasi dan air paling banyak sebatas toples dan ditutup rapat. Ciri-ciri stater jadi, nasi terapung dan setelah 5 hari dibuka baunya seperti air tape, siap digunakan untuk membuat kompos.
 
Cara membuat pupuk kompos.
 Bahan-bahan
1. Kotoran hewan, jerami, dedaunan, batang pisang, batang jagung, sampah pekarangan, sekam, serbuk gergaji, dll kecuali plastik.
2. Gula merah ¼ kg untuk stater / mol 2 liter
3. Stater / mol 1 toples / 2 liter untuk membuat 2 ton kompos
4. Air
5. Dedak / senil gergako la;ai ada
6. Cangkul / garpu
7. Bak/ ember
8. Daun pisang (kalau ada)
9. Plastik / terpal tambak
Cara membuat :
1. Gula merah dihaluskan/dilarut kan dengan air
2. Statater/mol dijadikan satu dengan larutan gula, ditambah air biasa dengan perbandingan (1 : 15) lalu diaduk sampai rata didalam bak.
3. Batang pisang, batang jagung dicacah, lalu bahan organik diratakan diatas tanah seitnggi kurang lebih 20 cm (dalam keadaan lembab).
4. Selanjutnya stater/mol, ditaburkan/dipercikan sampai rata, lalau ditaburi dedak / serbuk gergaji.
5. Berikutnya bahan organik diratakan diatasnya setinggi 20 cm dan ditaburi/diperciki mol samapi rata, lalu dedak ditabukan diatasnya, begitu seternya.
6. Selanjutnya ditutup pakai daun pisang kalau ada, kemudian ditutp pakai plastik / terpal tambak.
7. Setelah 1 minggu dilakukan pembalikan/pengadukan. Minggu ke 2 diaduk lagi. Bila dipandang perlu pengadukan 1 dan 2 bisa ditambah stater/mol lagi. Minggu ke 3 diaduk lagi tidak perlu ditutup ditaruh di tempat yang teduh (tidak kena hujan) selama 1 minggu, dan kompos sudah siap aplikasi.
Membuat PPC
Serabut kelapa muda / blukluk, buah-buahan yang manis, pucuk daun-daunan, urin ternak bonggol dan hati batang pisan, sisa-sia makanan, berbagai tulang-tulanan, air kelapa / legent dan abu dapur. (perbandingan 1:1)
Cara membuat :
1. Semua bahan di iris tipis-tipis kecuali abu dapur dan sisa makanan, bahan yang sudah disiapkan masukan ke dalam toples dan tambahkan air nira/legent lalu tutup rapat dengan menggunakan plastic.
2. Biarkan rendaman selama 2 – 3 minggu juka diguankan untuk bio stater dalam pengomposan. Dan jika diguankan untuk pupuk pelengkap cair makan rendaman haus lebih dari 4 minggu.
3. Cara penggunaan ambil air rendaman lalu disaring dan campur dengan air biasa, dapat disirmkan langsung atau disemprotkan ke tanaman, dengan perbandingan 1 : 1 untuk tanaman padi sawah (mengurangi penggunaan pupuk kompos). 1 : 5 sleain tanamapan padi sawah.
Kompos bernutrisi tinggi
Bahan-bahan :
Jerami, batang jagung, sekam, serbuk gergaji, batang pisang, daun-daunann, kotoran sapi, kerbau, kambing, kelinci, dan sampah lingkungan keculai plastik, bak plastik, ember plastik, cangkul / gapu, daun pisang, plastik / terpal tambak.
Cara buat :
1. Dari kedua jenis stater / mol ini dicampu jadi satu dengan perbandingan 1 : 1 lalu diaduk sampai rata.
2. Proses membuatnya sama dnegan mebuat kompos menggunakan stater/mol dari nasi dan jamur. Lebih banyak mol dari buah-buahan lebih baik.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Ketik Email anda dibawah ini.....